Walikota Subulussalam Melakukan Peletakan Batu Pertama Kantor Mahkamah Syariah

Subulussalam I 1kabar.com

Walikota Subulussalam H.Affan Alfian melakukan Peletakan Batu pertama Kantor Mahkama Syariah Kota Subulussalam, Senin 27/6/2022.

H.Affan Alfian saat diwawancarai 1kabar.com mengatakan, sebagaiman diatur dalam Undang-undang Nomor 3 tahun 2006 tentang perubahan atas dasar Undang-undang nomor 7 tahun 1999 tentang peradilan Agama pasal 49 menyatakan, peradilan agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutusdan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, waqaf, zakat, infak, sedekah dan ekonomi syari’ah.

Jadi fungsi peradilan, dalam hal ini Mahkamah Syariah Subulussalam, merupakan salah satu pilarpelaksana kekuasaan kehakiman dan menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan setiap perkara yang diajukan kepadanya berdasarkan wilayah hukum.

Jadi kedepan kita berharap setelah rampungnya pembangunan gedung Mahkamah Syari’ah dikota Subulussalam, dapat menampung dan menyelesaikan setiap masalah masyarakat kota Subulussalam dibidang keagamaan, ujar Affan Alfian.

Hadir dalam kegiatan tersebut, ketrua mahkamah Syari’ah Aceh, ketua Mahkamah Syari’ah kota Subulussalam, Kapolres Subussalam, Dandim 0118 Subulussalam ataun yang mewakili, Kajari Subulussalam, Anggota DPRK Kota Subuluyssalam dan seluruh SKPK di kota Subulussalam.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Mahkamah Syari’ah di Aceh adalah sebagai lembaga peradilan Syari’at islam di Aceh dan sebagai pengembangan dari peradilan Agama.(SYahbuddin padang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *