BeritaBerita TerkiniDaerahEkonomiNasionalPemerintahPendidikanPerusahaan

BADKO HMI dan Dinas Koperasi UKM Sumut Sosialisasi Perkoperasian dan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

88
×

BADKO HMI dan Dinas Koperasi UKM Sumut Sosialisasi Perkoperasian dan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Sebarkan artikel ini

MEDAN | 1kabar.com

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (BADKO HMI) Sumatera Utara (Sumut) dan Dinas Koperasi Usaha Koperasi Menengah (UKM) Sumatera Utara (Sumut) menggelar Sosialisasi Perkoperasian dan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa, di Kampus UIN-SU Medan, Selasa (28/05/2024).

Kepala Dinas Koperasi UKM Sumut, Naslindo Sirait menyampaikan, hasil penelitian U-Report UNDP Tahun 2019 menunjukkan, dari 81% pemuda yang berminat untuk berwirausaha, hanya 8% di antaranya yang benar-benar memiliki bisnis.

“Niat saja tidak cukup. Perlu kemauan yang keras, motivasi diri yang bagus, tanggung jawab, disiplin, integritas, jejaring, dan keterampilan, dalam memulai dan mengembangkan bisnis,” ucap Naslindo kepada sekitar 100-an Mahasiswa yang hadir dan tergabung dalam BADKO HMI Sumut.

Selain tantangan dari dirinya sendiri, anak muda saat ini juga memiliki keterbatasan dalam mengakses permodalan dan meningkatkan daya saing, karena tingginya risiko berusaha di tengah gempuran pasar bebas.

Naslindo juga memaparkan, berbagai peluang usaha yang dapat digeluti oleh anak muda, khususnya di kategori sociopreneur dan creativepreneur yang relevan dengan keilmuan, keterampilan, serta minat-bakat mereka.

Menutup pemaparannya, Naslindo Sirait menyatakan komitmen penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut  dalam mendorong, mendampingi, dan memfasilitasi anak-anak muda Sumut yang ingin belajar merintis dan mengelola koperasi secara profesional, kreatif, dan kekinian.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

(Sumber : Dinas Kominfo Sumut)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang