BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPemerintahPolri

Kapolrestabes Medan Ikuti Penandatanganan Draff SK FLLAJ Lewat Zoom Meeting

58
×

Kapolrestabes Medan Ikuti Penandatanganan Draff SK FLLAJ Lewat Zoom Meeting

Sebarkan artikel ini

MEDAN | 1kabar.com

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Drs. Teddy Jhon Sahala Marbun, SH., M.Hum mengikuti Penandatanganan Draff SK Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) lewat Zoom Meeting di, Rupatama Mapolrestabes Medan, Kamis (30/05/2024).

Dalam mukadimahnya lewat Zoom Meeting, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumut, Kombes Pol. Muji Ediyanto mengatakan Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor : 22 Tahun 2009 dan di jabarkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor : 37 Tahun 2021.

“Saat ini ada 6 satuan wilayah (Polres) yang sudah memiliki Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ), juga memiliki Anggaran dan akan melaksanakan Penandatanganan SK Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) diantaranya. Adapun 6 satuan wilayah itu diantaranya Polres Langkat, Polres Padang Lawas, Polres Labuhanbatu Selatan, Polres Nias Selatan, Polres Serdang Bedagai dan Polres Pakpak Bharat,” jelasnya.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumut, Kombes Pol. Muji Ediyanto mengakui banyak permasalahan di bidang lalu lintas, baik di Jalan Raya dan Jalan Perkotaan diantaranya Angkutan Umum (Angkot) yang belum layak jalan.

“Juga kondisi jalan yang rusak. Penggunaan kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Serta Trotoar yang digunakan pejalan kaki justru digunakan untuk berjualan. Dan anak-anak dibawah umur mengemudikan Sepeda Motor,” ungkapnya, Kamis (30/05/2024).

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi menegaskan bahwa Forum ini merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya Kepolisian saja, namun Pemerintah Daerah juga berperanserta mendukung Pembangunan Infrastruktur Jalan.

“Ditinjau dari hasil yang didapat melalui pajak kenderaan dan telah dibagi ke Daerah itu sendiri sangatlah besar dan bermanfaat untuk kita tata kelola modal Transportasi dan kita tuangkan dalam Peraturan Pemerintah. Untuk mewujudkan itu Pemerintah harus aktif,” kata Kapolda Sumut dengan tegas.

Usai memberikan arahannya Kapolda Sumut menyaksikan Penandatanganan SK Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) melalui sarana Zoom Meeting yang dilakukan 6 Kapolres Jajaran Polda Sumatera Utara. Juga bersama Kepala Daerah masing-masing baik Bupati dan Walikota.

Setelah itu Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Drs. Teddy John Sahala Marbun, SH., M.Hum didampingi Kasat Lantas Polrestabes Medan, Kompol. Andika Temanta Purba dan para undangan membahas soal akan di aktifkannya kembali kawasan tertib lalu lintas di beberapa ruas jalan, mulai dari Jalan Jenderal Sudirman Medan.

“Mengingat bahwa kawasan tertib berlalu lintas di Kota Medan pernah diberlakukan dulu di Jalan Jenderal Sudirman. Namun seiringnya waktu berjalan sudah tidak terlihat lagi kawasan itu. Kita akan mencoba mengaktifkan kembali kawasan tersebut di ruas jalan inti Kota Medan agar bebas dari knalpot brong, masyarakat bisa berdisiplin dan agar tercipta Kamseltibcar yang menjadi Trademark Kota Medan yang dulunya di kenal “Ini Medan Bung” sekarang menjadi “Ini Baru Medan,” ungkap Kombes Pol Teddy Marbun.

Teddy melanjutkan, kegiatan hari ini diapresiasi para tamu undangan. Dia juga mengimbau para undangan agar disampaikan ke khayalak ramai agar tidak usah keluar rumah pada malam hari jika tidak ada hal yang penting. Serta jaga keselamatan diri dan keluarga. Lebih baik di rumah saja, karena mengingat kejahatan di Kota Medan sudah sangat meresahkan.

“Dengan luasnya Kota Medan ini, ada keterbatasan dalam melayani masyarakat dan menciptakan Kamtibmas yang kondusif. Untuk itulah kami imbau agar kiranya masyarakat bisa menahan diri untuk tidak keluar malam. Kita juga akan mendata mana yang merupakan komunitas pencinta otomotif dan mana yang geng motor, agar kami bisa bertindak sesuai prosedur hukum guna menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif bagi masyarakat di Kota Medan,” pungkasnya.

Turut Hadir dalam kegiatan itu diantaranya Kabag Hukum Sekdakot Medan yang diwakili Albert Yasekhi, Kadis SDA BMBK Kota Medan diwakili Yulius Ares, Kadishub Kota Medan diwakili Kabid Lalin PPNK Dishub Kota Medan, Richard Medy, Kadis Kominfo Kota Medan, Abraham Pane, Perwakilan USU Ridwan Anas, Sekretaris Organda Kota Medan, Jaya Sinaga, Staf Humas Polda Sumut, Aiptu Widodo dan perwakilan Club Otomotif pecinta tertib berlalu lintas.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang