BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPolri

Kasat Intel Polres Simalungun Iptu Teguh Raya Sianturi Pimpin Kegiatan Blue Light Patrol Untuk Jaga Kamtibmas

59
×

Kasat Intel Polres Simalungun Iptu Teguh Raya Sianturi Pimpin Kegiatan Blue Light Patrol Untuk Jaga Kamtibmas

Sebarkan artikel ini

Simalungun | 1kabar.com

Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif selama malam libur dan cuti bersama Perayaan Hari Raya Waisak 2568 BE / 2024 M, Kasat Intel Polres Simalungun, Iptu. Teguh Raya Sianturi, SH memimpin pelaksanaan kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan Blue Light Patrol. Kegiatan ini berlangsung di wilayah hukum Polres Simalungun.

Sebelum melaksanakan Patroli, Iptu. Teguh Raya Sianturi mengadakan apel persiapan pelaksanaan tugas di depan Kantor MUI Kabupaten Simalungun, Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, pada pukul 20.30 WIB. Dalam apel tersebut, Iptu Teguh menyampaikan terimakasih kepada Personel yang hadir dan mengingatkan pentingnya menjaga situasi Kamtibmas selama Perayaan Hari Raya Waisak.

“Terimakasih kepada seluruh Personel yang melaksanakan tugas. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di malam libur dan cuti bersama Perayaan Hari Raya Waisak 2568 BE / 2024 M. Semoga dalam Perayaan ini, masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Simalungun tetap menjaga dan merawat toleransi antara umat beragama,” ungkap Iptu Teguh, Kamis (23/05/2024).

Lebih lanjut, Iptu Teguh menggaris bawahi tema Perayaan Hari Raya Waisak Tahun ini, yaitu “Kesadaran Keberagaman, Jalan Hidup Luhur, Harmonis, dan Bahagia.” Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bahwa Indonesia terdiri dari berbagai perbedaan dan keragaman yang harus dijaga dan dirawat demi keamanan dan ketertiban masyarakat, tetap semangat, jaga nama baik Institusi, dan layani masyarakat dengan baik serta Humanis, karena Polri ada untuk masyarakat,” tegas Iptu Teguh.

Setelah apel persiapan, Tim Patroli yang dipimpin oleh Iptu. Teguh Raya Sianturi segera bergerak melakukan Blue Light Patrol di berbagai titik rawan di wilayah Simalungun. Patroli ini mencakup area-area yang biasanya ramai saat malam hari, seperti Pusat Kota, tempat Ibadah, dan lokasi-lokasi strategis lainnya yang dianggap memerlukan pengawasan lebih intensif selama Perayaan Waisak.

Kegiatan Blue Light Patrol ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah terjadinya tindak kejahatan. Patroli dilakukan dengan menyalakan lampu biru kendaraan dinas kepolisian, yang menjadi tanda kehadiran Polisi di tengah masyarakat, sekaligus sebagai upaya preventif untuk meminimalisir gangguan Kamtibmas.

Selama Patroli, Iptu. Teguh Raya Sianturi juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan warga, memberikan himbauan agar tetap waspada dan melaporkan segala bentuk kecurigaan kepada pihak berwenang. Dialog ini juga dimaksudkan untuk mempererat hubungan antara Polisi dan masyarakat, serta memastikan bahwa kehadiran Polisi dirasakan langsung oleh masyarakat.

Iptu Teguh mengingatkan masyarakat agar tidak segan-segan melaporkan hal-hal mencurigakan. “Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Laporkan segera kepada kami jika ada aktivitas yang mencurigakan, agar dapat segera ditindak lanjuti,” ujarnya.

Patroli yang dilakukan oleh Polres Simalungun ini mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Warga merasa lebih aman dan nyaman dengan adanya kehadiran Polisi yang rutin berpatroli di malam hari. Mereka berharap kegiatan semacam ini terus dilaksanakan, terutama pada saat-saat penting seperti perayaan hari besar keagamaan dan libur bersama.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Blue Light Patrol ini, diharapkan situasi kamtibmas di Kabupaten Simalungun tetap terjaga dengan baik, sehingga masyarakat dapat merayakan Hari Raya Waisak dengan tenang dan damai. Polres Simalungun berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kasat Intel Polres Simalungun, Iptu. Teguh Raya Sianturi menyatakan bahwa kegiatan ini akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan intensitasnya, terutama pada saat-saat krusial yang memerlukan perhatian ekstra. “Kami berkomitmen untuk selalu hadir di tengah masyarakat, memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga. Mari bersama-sama kita wujudkan Kabupaten Simalungun yang aman, nyaman, dan damai,” tutup Iptu Teguh.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Editor : (Chaidir Toweren)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang