BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPemerintah

KPU Kota Medan Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada Kota Medan 75 Persen

108
×

KPU Kota Medan Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada Kota Medan 75 Persen

Sebarkan artikel ini

MEDAN | 1kabar.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan Tahun 2024 mencapai 70-75 persen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Mutia Atiqah mengatakan, salah satu upaya untuk mencapai target tersebut dengan membentuk media center. Pembentukan media center ini untuk menyebar luaskan informasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat sebagai pemilih akan menggunakan hak suaranya di TPS.

“Kami ingin sekali informasi terkait Pilkada tersebar luas di Kota Medan. Karena Medan pernah menjadi Kota yang patisipasinya terendah di Indonesia,” kata Mutia pada pembentukan media center untuk Pilkada Kota Medan Tahun 2024, Rabu (29/05/2024).

Diketahui, partisipasi pemilih Pilkada Kota Medan pernah menjadi yang terendah di Indonesia, yakni pada Tahun 2015 yang tidak mencapai 25 persen. Sementara pada Tahun 2020, partisipasi masyarakat tidak mencapai 50 persen.

Namun pada Pemilu Tahun 2024, tingkat partisipasi pemilih di Ibu Kota Sumatra Utara ini cukup besar, mencapai 69 persen. Karena itu, ia mengingatkan partisipasi pada Pilkada Tahun 2024 ini bisa melebihi partisipasi Pemilu Tahun 2024, yakni di atas 70 persen.

“Kalau Pemilu itu kan 69 persen. Mudah-mudahan di Pilkada ini kita bisa mencapai 70 atau 75 persen,” ujarnya.

Mutia menuturkan, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan sudah menyelesaikan beberapa tahapan Pilkada. Di antaranya, pembentukan badan ad hoc yakni PPK dan PPS. Untuk PPS KPU Kota Medan baru sama melantik 453 Anggota PPS dari 151 Kelurahan se-Kota Medan pada 26 Mei 2024.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Editor : (Chaidir Toweren)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang