Opini

Mengukur Kedewasaan Seseorang Itu Tak Cukup Dilihat dari Usianya Saja

306
×

Mengukur Kedewasaan Seseorang Itu Tak Cukup Dilihat dari Usianya Saja

Sebarkan artikel ini

1kabar.com

Adalah istilah anak muda sekarang, menjadi tua itu sesuatu yang pasti, tetapi menjadi dewasa, itu permasalahan yang lain dan akan kita bahas dalam tulisan singkat ini, sebagai pembelajaran bagi penulis sendiri dan semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Kedewasaan seseorang tak bisa dilihat atau diukur hanya dari usianya saja. Banyak faktor dan penyebab lain yang mempengaruhi kedewasaan pribadi seseorang sehingga bisa dimasukan kedalam katagori dewasa.

Didalam kehidupan keseharian kita, pasti kita pernah menjumpai seseorang yang usianya sebenarnya masih muda. Tetapi cara ia berpikir dan bersikap sudah sangat matang. Tak lagi kekanak-kanakkan, bahkan justru bisa membimbing orang lain untuk lebih baik yang bahkan lebih tinggi usiannya dari dirinya.

Selain itu, kita pasti pernah menemukan seseorang yang dari usianya sudah matang. Tapi cara berpikir dan kepribadiannya masih sangat kekanak-kanakkan. Selalu menyusahkan orang lain dan masih saja maunya menang sendiri tanpa memikirkan baik benarnya.

Kedewasaan seseorang memang tak bisa diukur hanya dari usia semata. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, mari kita coba membahasnya.

Pengalaman Hidup Sangat Mempengaruhi Kedewasaan Seseorang

Perjalanan hidup atau ujian didalam menjalani hidup, kerasnya pengalaman hidup, dan berbagai permasalahan yang hadir dalam hidup sangat mempengaruhi kedewasaan seseorang. Saat seseorang mengalami sebuah masalah dalam hidupnya, ia dipaksa untuk segera melakukan sesuatu dan mengambil sikap. Dari pengalaman itu, sikap dan kepribadiannya pasti akan ada yang ikut berubah.

Bisa jadi pengalaman tersebut menjadikan dirinya lebih bijak dan tidak lagi egois yang hanya memikirkan diri sendiri dalam melakukan sesuatu atau setiap mengambil suatu keputusan.

Latar Belakang Pendidikan Juga Ikut Andil

Pendidikan yang dimiliki seseorang pun sangat mempengaruhi cara berpikirnya. Ilmu dan pengetahuan yang dimiliki jadi fondasi atau dasar dari setiap tingkah lakunya. Latar belakang pendidikan ini tak sebatas pendidikan formal atau sekolah.

Tetapi juga caranya belajar dari lingkungan dan hal-hal yang ada di sekitarnya dengan artian pendidikan bukan hanya pendidikan formal tetapi ilmu yang di dapat dari keseharian dengan membaca, berinteraksi dan berkomunikasi adalah salah satu landasan sebuah ilmu.

Lingkungan dan Orang-Orang Sekitar Berperan dalam Kedewasaan Seseorang

Lingkaran sosial dan lingkungan sekitar sedikit banyak juga mempengaruhi kepribadian seseorang. Saat dikelilingi oleh orang-orang yang senantiasa berpikiran terbuka dan dewasa, kita pun pasti akan ikut terpengaruhi.

Usia boleh masih muda tapi pola pikir bisa jadi lebih dewasa. Tak lain karena mendapat pengaruh dari lingkungan dan orang-orang di sekitar dengan kata lain, bergaul tidak memandang usia.

Kemampuan Diri untuk Terus Berproses Juga Menentukan Kedewasaan

Kemampuan juga kemauan untuk terus berproses memperbaiki diri jadi salah satu faktor penting yang menentukan kedewasaan seseorang. Kematangan diri dan pola pikir itu juga bisa dilihat dari kemampuan diri untuk selalu berproses ke arah yang lebih positif.

Tak pernah berhenti belajar dan justru tak pernah berpuas diri dalam melakukan sebuah kebaikan. Tidak gampang menganggap diri yang paling pinter, paling dewasa dan paling senior. Karena ilmu dan pengetahuan selalu membutuhkan asupan tambahan setiap harinya untum itu jangan gampang berpuas diri karena diatas langit masih ada langit.

Oleh : Chaidir Toweren (sumber dari berbagai tulisan)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang