BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPemerintahPendidikanPolriTNI

Pelantikan 66 Anggota Panwascam se-Deli Serdang, Pj Bupati : Jaga Kepercayaan Rakyat & Bangsa

72
×

Pelantikan 66 Anggota Panwascam se-Deli Serdang, Pj Bupati : Jaga Kepercayaan Rakyat & Bangsa

Sebarkan artikel ini

DELI SERDANG | 1kabar.com

Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir. Wiriya Alrahman, MM meminta kepada 66 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang tersebar di 22 Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang, untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan Rakyat dan Bangsa dalam mengemban tugas mulia mengawasi jalannya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

“Jabatan yang saudara-saudara emban merupakan sebuah kehormatan yang harus dijalankan dengan penuh tanggungjawab, kejujuran dan profesionalisme,” pesan Penjabat Bupati dalam sambutannya, pada Pelantikan Panwascam se-Kabupaten Deli Serdang di Wings Hotel Kualanamu, Jalan Sultan Serdang, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Jumat (24/05/2024).

Pj Bupati meyakini, dengan bekal pengalaman, kemampuan, dan komitmen yang dimiliki, para Anggota Panwascam se-Kabupaten Deli Serdang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Saya percaya, dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, kita mampu menyelenggarakan Pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan bermartabat, serta menghasilkan pemimpin yang amanah dan berintegritas,” imbuh Pj Bupati.

Sebab, lanjut Pj Bupati, Pemilu yang demokratis, jujur, adil dan bermartabat merupakan salah satu pilar penting dalam membangun demokrasi yang berkualitas. Maka dari itu, penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas menjadi tanggungjawab bersama dalam rangka mengawal dan memastikan terselenggaranya Pemilu dengan berazaskan kejujuran, keadilan dan transparansi.

Hal tersebut diperlukan peranan penting dari Panwascam yang memiliki tugas dan kewenangan strategis dalam mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu.

Disebutkan Pj Bupati juga, dari 66 Anggota Panwascam yang dilantik, 29 di antaranya merupakan incumbent, bertugas saat pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), pada 14 Februari 2024 lalu. “Dengan begini, bisa saling tukar pengalaman, sehingga bisa lebih baik lagi ke depannya,” harap Pj Bupati.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Deli Serdang, Febriyandi Ginting, M.Si, mengatakan diperlukan koordinasi dengan semua pihak terkait, mengingat luasnya wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Selain itu, ke-66 Anggota Panwascam yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Bawaslu Kabupaten Deli Serdang Nomor : 099/KP.04/K/SU-04/05/2024, Tanggal 24 Mei 2024, Tentang Penetapan Anggota Panwascam untuk Pemilu Serentak Tahun 2024 tersebut juga nantinya akan dibantu oleh 394 Anggota Panwas Desa/Kelurahan yang akan ditetapkan dalam waktu dekat.

“Kita percaya dedikasi dan integritas melalui sikap nyata di wilayah masing-masing. Jagalah dan wujudkan harapan masyarakat untuk menciptakan pemilihan yang sesuai azas,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, M. Aswin Diapari Lubis berharap seluruh Anggota Panwascam yang dilantik untuk menjalankan tugas sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Kami sangat mengharapkan saudara-saudara dapat menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada. Mari kita jaga nama baik Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, khususnya Kabupaten Deli Serdang, serta nama baik Pemerintah Kabupaten Deli Serdang,” harapnya.

Turut hadir pada pelantikan tersebut, perwakilan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Pelabuhan Belawan, dan Kota Binjai; Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Payung Harahap; Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang, Relis Yanthi Panjaitan; para Pejabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang dan lainnya.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang