Berita TerkiniDaerahNasionalPemerintahPerusahaan

PLTA Batu Gajah Mampu Sediakan 16 MW, Pj Gubernur Sumut Harap Pemanfaatan Sungai Untuk Energi Semakin Masif

45
×

PLTA Batu Gajah Mampu Sediakan 16 MW, Pj Gubernur Sumut Harap Pemanfaatan Sungai Untuk Energi Semakin Masif

Sebarkan artikel ini

SUMUT | 1kabar com

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Dr. Hassanudin berharap semakin banyak pemanfaatan Sungai sebagai Sumber Energi. Seperti yang di lakukam PLTA Batu Gajah, yang memanfaatkan Aliran Sungai Wampu untuk menghasilkan Energi Listrik.

PLTA Batu Gajah mampu menghasilkan 16 Mega Watt (MW) dengan memanfaatkan Aliran Sungai Wampu. Listrik tersebut di Alirkan ke Kabupaten Langkat dan Kota Binjai.

Baca juga Artikel ini  Perkuat Kapasitas Petugas Posyandu, Pj Ketua TP PKK Sumut Harap Berdampak Signifikan Pada Penurunan Stunting

“Sungai kita banyak, besar, kita harus bisa memanfaatkannya, termasuk untuk Energi Listrik, karena Listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat,” kata Hassanudin, usai meninjau PLTA Batu Gajah, di Desa Empus, Kabupaten Langkat, Sabtu (11/05/2024).

Baca juga Artikel ini  Ada Apa Dengan Penyidik Polres Nias, Kasus Pengeroyokan Feberman Halawa, Laporan Polisi 170 Berubah Menjadi 351

Hassanudin meminta Kepala Dinas terkait untuk menghimpun Data Lokasi dan Sungai yang berpotensi menghasilkan Energi. Dengan begitu, akan mempermudah Investor untuk berinvestasi.

Menurut keterangan Site Manager PLTA Batu Gajah Roni Manampiring, tegangan yang di hasilkan sebesar 20 kV. Listrik ini kemudian di Alirkan ke Daerah Kuala, Marike, Tambunan, dan Bukit Lawang.

Baca juga Artikel ini  Enam Kali Berturut-Turut, Pemkab Deli Serdang Raih Opini WTP

“Ini sangat membantu kawasan Wisata Bukit Lawang, yang memang membutuhkan Energi besar, belum lagi masyarakat yang selama ini memang kekurangan Listrik, kami harap ini bisa meningkatkan produktivitas masyarakat,” kata Roni Manampiring.(Redaksi/Dinas Kominfo Sumut/Zulkarnain.Lubis)

 

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang