Scroll untuk baca artikel
BeritaPolri

Polri Peduli Lingkungan: Penanaman Mangrove di Pulau Pudut Memperingati Hari Bhayangkara ke-78

34
×

Polri Peduli Lingkungan: Penanaman Mangrove di Pulau Pudut Memperingati Hari Bhayangkara ke-78

Sebarkan artikel ini

Bali | 1Kabar.com

Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 dengan mengangkat tema “Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas”, Polsek Kuta Selatan bersama unsur TNI dan masyarakat menggelar kegiatan Bakti Sosial berupa penanaman bibit pohon mangrove di Pulau Pudut (Pulau Penyu), Jalan Setra Gandamayu Lingk Br Anyar Kelurahan Tanjung Benoa”minggu.(23/6/2024)

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Kuta Selatan Kompol I Gusti Ngurah Yudistira, S.H., M.H., ini melibatkan 50 personel gabungan Polsek Kuta Selatan, unsur TNI, dan masyarakat. Sebanyak 300 bibit pohon mangrove jenis Bakau Minyak (Rhizophora apiculata), Bakau Hitam (Rhizophora mucronata), dan Rhizophora stylosa ditanam dalam kegiatan ini.

Kapolsek Kuta Selatan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pemerhati mangrove di kawasan Pulau Pudut atas fasilitasi dan partisipasinya. Ia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan, menghijaukan alam, dan menjaga kebersihan lingkungan.

Penanaman mangrove ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari tema HUT Bhayangkara ke-78, yaitu Polri yang presisi siap melayani dan berkomitmen menjaga stabilitas Kamtibmas. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen Polri dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta membangun sinergi positif dengan alam dan masyarakat.

Jero Mangku Nyoman Ridek, pemerhati mangrove, menjelaskan bahwa penanaman mangrove menggunakan sistem kotak dengan media tanah subur yang tahan pasir laut. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang hidup bibit pohon. Mangrove memiliki banyak fungsi penting, seperti penghasil oksigen (O2) dan penyerap gas karbondioksida, pencegahan abrasi, dan habitat ikan. Konservasi hutan mangrove dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan cara meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Kegiatan Bakti Sosial Polri Berupa Penanaman Bibit Pohon Mangrove ini diharapkan dapat menjadi pesan pentingnya melestarikan lingkungan. Polri, selain menjaga keamanan masyarakat, juga memiliki kewajiban untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.(van/r)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang