BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalOlahragaPemerintahPendidikan

Rakerda KONI Kabupaten Deli Serdang, Pj Bupati : Prestasi Olahraga Angkat Harkat dan Martabat Daerah

84
×

Rakerda KONI Kabupaten Deli Serdang, Pj Bupati : Prestasi Olahraga Angkat Harkat dan Martabat Daerah

Sebarkan artikel ini

DELI SERDANG | 1kabar.com

Olahraga merupakan bagian yang tidak dapat di pisahkan dari Pembangunan Bangsa, terutama dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Di sisi lain, prestasi Olahraga juga bisa mengangkat harkat dan martabat suatu Daerah, baik di tingkat Regional, Nasional,dan bahkan Internasional.

Sedemikian pentingnya Pembangunan Bidang Olahraga, maka dari itu Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) memiliki peran strategis dalam menentukan maju mundurnya Olahraga suatu Daerah.

Penegasan ini di sampaikan Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir. Wiriya Alrahman, MM ketika memberi arahan sahat membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) KONI Deli Serdang di Hotel Miyana, Desa Sampali, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu sore (25/05/2024).

“Namun, untuk mencapai dan mewujudkan kemajuan serta prestasi Olahraga, tentunya sangat di perlukan Sinergitas antara Pemerintah Daerah, KONI dan seluruh masyarakat. Karena memajukan Olahraga merupakan tanggungjawab kita bersama,” jelas Pj Bupati.

Pj Bupati berharap Rakerda KONI Kabupaten Deli Serdang mampu menghasilkan program kerja yang bermuara pada peningkatan kuantitas dan kualitas. Sebab, KONI merupakan induk dan payung bagi Pengurus Cabang Olahraga (Cabor), yang sangat berperan penting dalam kemajuan Pembangunan keolahragaan di Kabupaten Deli Serdang.

Pj Bupati juga menyebutkan, Tahun ini merupakan momentum bagi Kabupaten Deli Serdang, karena banyak pertandingan Olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumatera Utara-Aceh, di selenggarakan di Kabupaten Deli Serdang.

Waktu menuju PON sudah tidak lama lagi. Untuk itu, sarana dan prasarana serta Bangunan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang seperti Lapangan Sepak Bola Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) atau biasa disebut Lapangan PU dan Gelanggang Olahraga (GOR) Kecamatan Lubuk Pakam yang di gunakan untuk PON akan segera dibenahi.

“Saya instruksikan kepada seluruh Stakeholder terkait untuk berkomunikasi dan konsultasi kepada Pemerintah Provinsi dan KONI Sumatera Utara, apa-apa saja yang di perlukan untuk menyukseskan Event Skala Nasional tersebut,” tegas Pj Bupati.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum II KONI Provinsi Sumatera Utara (Sumut), H. Sakiruddin, SE., MM menuturkan Rakerda yang di laksanakan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah di laksanakan Tahun 2023, dan merencanakan program kerja Tahun 2024.

H. Sakiruddin, SE., MM juga mengatakan, KONI Kabupaten Deli Serdang pada saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tahun 2022 mengikutsertakan 16 Cabor, dengan 308 Atlet, Pelatih dan Ofisial menduduki rangking 2 dengan perolehan 20 Medali Emas, 29 Medali Perak dan 43 Medali Perunggu .

Hal senada juga di sampaikan Ketua Umum KONI Kabupaten Deli Serdang, dr. Asri Ludin Tambunan. Di katakannya, Rakerda KONI Kabupaten Deli Serdang untuk merencanakan program kerja Tahun 2024 dan 2025.

“Kita memang memerlukan dukungan Pemerintah Daerah untuk kemajuan Olahraga prestasi di Kabupaten Deli Serdang. Sedangkan, jumlah atlet asal Deli Serdang yang masuk Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Sumatera Utara menuju PON XXI Tahun 2024 ada sebanyak 96 orang,” rincinya.

Turut hadir di pembukaan Rakerda KONI Kabupaten Deli Serdang tersebut, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dr. Drs. Citra Effendi Capah, MSP beserta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda); Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deli Serdang, KH. Amir Panatagama, S.PdI; Pengurus 44 Cabor dan Ketua KONI Kecamatan se-Deli Serdang.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Reporter : (Zulkarnain.Lubis)
Editor : (Chaidir Toweren)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang