BeritaBerita TerkiniDaerahEkonomiNasionalPemerintahPerusahaan

Tiga Proyek Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tol Trans Sumatera Akan Beroperasi

93
×

Tiga Proyek Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tol Trans Sumatera Akan Beroperasi

Sebarkan artikel ini

Sumatera Utara | 1kabar.com

PT. Hutama Karya Infrastruktur (HKI) tengah menyelesaikan Pembangunan 3 (tiga) Proyek Rest Area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Secara Akumulasi, Progress Pengerjaan 3 (tiga) Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) ini telah mencapai 90 persen, sehingga dapat segera dioperasikan Tahun ini.

Tiga Rest Area tersebut, yakni Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol Binjai-Pangkalan Brandan, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung.

Direktur Utama HKI, Aji Prasetyanti mengatakan, HKI mengerjakan sepuluh titik Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sejak Maret 2023, dimana terdapat lima Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang dibangun di sisi A dan lima Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang dibangun di sisi B. Per April 2024, Progress Pengerjaan keseluruhan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tol Pekanbaru-Dumai telah mencapai 90,9 persen.

“Saat ini, HKI tengah menyelesaikan jalur kendaraan dan pekerjaan Arsitektur dengan Desain yang mengadaptasi nuansa corak atap Selembayung,” ujar Aji Prasetyanti dalam siaran persnya yang diterima di Medan, Selasa (28/05/2024).

Ia merincikan, pada Tol Binjai-Pangkalan Brandan, HKI mengerjakan 2 (dua) Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang kini progressnya telah mencapai 97,6 persen. Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) ini diperkirakan rampung pada akhir Mei 2024, yang kini masih menyisakan pekerjaan minor.

Memuat kebudayaan lokal dengan Ornamen Fasad corak khas Melayu, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) ini nantinya juga diharapkan menjadi sarana edukasi Budaya sekaligus tempat berinteraksi antara pengguna Tol dan tenan UMKM di Sumut.

Sementara di Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Progress Pengerjaan 2 (dua) Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) mencapai 83,20 persen, yang menyisakan Pekerjaan Arsitektur dan Landscape dengan target penyelesaian pada Bulan Juni 2024.

“TIP Tol Bengkulu-Taba Penanjung ini mengusung Arsitektur bernuansa Bumi Raflesia. Dengan memadupadankan motif Tabot dan Ornamen Bunga Raflesia pada Arsitektur, serta motif Lebah Bergayut dalam Desain Listplank,” kata Aji.

Dari sisi Fasilitas, terdapat 2 (dua) tipe Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) yang dikerjakan oleh HKI. Secara umum, baik TIP tipe A dan tipe B akan memiliki Fasilitas penunjang yang sama. Fasilitas tersebut berupa Toilet Umum dan Toilet Penyandang Disabilitas yang lengkap dengan Ramp dan Rail Difabel, Masjid, Pujasera, Stand UMKM, dan Minimarket.

Perbedaan TIP Tipe A dan Tipe B terletak pada ketersediaan Lahan untuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), dan Kapasitas Fasilitas Parkir.

Pada TIP tipe A akan tersedia Lahan untuk SPBU, dengan Fasilitas Parkir yang memuat 50 kendaraan besar dan 200 kendaraan kecil. Sementara untuk TIP Tipe B, Kapasitas Fasilitas Parkirnya lebih kecil, yakni 25 kendaraan besar dan 200 kendaraan kecil, serta tidak terdapat Lahan untuk SPBU.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Editor : (Chaidir Toweren)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang