Berita TerkiniDaerahNasionalPemerintah

Tingkatkan Literasi Masyarakat Sumut, Pemprov Luncurkan Aplikasi ‘D-Litera’ dan ‘Tiba di Sumut’

44
×

Tingkatkan Literasi Masyarakat Sumut, Pemprov Luncurkan Aplikasi ‘D-Litera’ dan ‘Tiba di Sumut’

Sebarkan artikel ini

MEDAN | 1kabar.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya mendorong peningkatan literasi masyarakat. Antara lain dengan terus berinovasi dan memudahkan masyarakat untuk mengakses bahan-bahan literasi, dengan meluncurkan aplikasi D-Litera dan Titik Baca Digital Sumut (Tiba di Sumut).

Aplikasi D-Litera bertujuan memudahkan masyarakat mengakses buku-buku koleksi perpustakaan Daerah Sumut, mendaftar sebagai Anggota perpustakaan, hingga peminjaman Buku secara daring. Sementara itu, ‘Tiba di Sumut’ memungkinkan masyarakat bisa mengakses wifi dan membaca buku sesuai dengan titik akses yang telah tersebar di berbagai lokasi.

Baca juga Artikel ini  Antisipasi Tindak Kejahatan, Polres Serdang Bedagai Bersama Polsek Jajaran Rutin Gelar Razia Skala Besar

Hal tersebut di sampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Dr. Hassanudin dalam sambutannya yang di bacakan Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan, Effendy Pohan pada Pembukaan Talkshow Duta Baca Indonesia, sekaligus peluncuran aplikasi D-Litera dan ‘Tiba di Sumut’, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Nomor :30, Medan, Senin (06/05/2024).

Baca juga Artikel ini  Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024 Kabupaten Deli Serdang, Partai Golkar dan PDI Perjuangan Sudah Sehati, Usung Siapa.!!!.

Ke depan, di harapkan budaya membaca Sumut terus meningkat. Membaca mesti di jadikan kebiasaan hingga gaya hidup. Oleh sebab itu, akses ke buku bacaan mesti di permudah.

Selain peluncuran aplikasi, pada kesempatan tersebut juga di gelar Talkshow Duta Baca yang di ikuti sebanyak 1.000 peserta yang merupakan Pelajar, Mahasiswa, dan Pegiat Literasi. Deputi Bidang Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Adin Bondan pun mengapresiasi Pemprov Sumut, yang telah menyelengarakan kegiatan tersebut.

Baca juga Artikel ini  Polsek Tanjung Beringin Berhasil Mengamankan Seorang Pria Terduga Pelaku Pencurian Vario dan Handphone

Tidak hanya Talkshow, Pemprov Sumut melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut juga menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Di antaranya pelatihan menulis, pelatihan membaca nyaring, dan bincang literasi sepekan satu buku.(Redaksi/Dinas Kominfo Sumut/Zulkarnain.Lubis)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang