BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPemerintahPendidikan

Wisata Religi, Menikmati Pesona Masjid Agung Kabupaten Deli Serdang Sultan Thaf Sinar Basarsyah

87
×

Wisata Religi, Menikmati Pesona Masjid Agung Kabupaten Deli Serdang Sultan Thaf Sinar Basarsyah

Sebarkan artikel ini

Deli Serdang | 1kabar.com

Berkunjung ke Sumatera Utara, tak hanya keindahan alamnya saja yang bisa dinikmati. Wisatawan juga bisa menghabiskan waktu untuk berwisata religi, Sabtu (25/05/2024).

Mengingat di daerah ini ada banyak destinasi Wisata religi yang bisa dikunjungi. Wisata religi ke Masjid yang satu ini rasanya sayang untuk anda lewatkan.

Masjid ini di namanakan Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah, berlokasi di Kecamatan Lubuk Pakam, Kompleks Kantor Bupati Deli Serdang.

Nama Sultan Thaf Sinar Basarsyah ini diambil dari nama Sultan Serdang.

Masjid terbesar dan termegah yang menjadi ikon Kota Kecamatan Lubuk Pakam ini menyuguhkan arsitektur yang mewah dan indah.

Pantauan wartawan di lokasi, Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarsyah, menyuguhkan kemegahan yang memadukan unsur Budaya lokal dari 3 (Tiga) Suku yang ada, yaitu Karo, Simalungun, dan Melayu.

Baca juga Artikel ini  Jaga Keamanan Perayaan Tri Suci Waisak, Polres Tanah Karo Laksanakan Patroli

Keindahan unsur Budaya lokal tersebut semakin dipercantik dengan balutan ornamen khas Timur Tengah, sehingga semakin menambah kemegahan Masjid yang jadi kebanggaan warga Kecamatan Lubuk Pakam ini.

Salah satu yang jadi daya tarik Masjid ini adalah Lingkaran Kubah Masjid yang berbentuk seperti dome yang melapisi seluruh bagian atas Masjid. Kubah tersebut memberikan kesan megah, ditambah lagi dengan aksen berwarna Emas dan Putih.

Keunikan lain terlihat dari gerbang Masjid yang terdiri dari 3 buah gerbang dengan ukuran yang berbeda. Ketiga gerbang itu dibuat secara berjenjang hingga menjadi sebuah gerbang yang padu dan indah.

Baca juga Artikel ini  Sat Samapta Polres Simalungun Amankan Sidang Terdakwa di Pengadilan Negeri Simalungun

Masjid Agung Kabupaten Deli Serdang ini memiliki beberapa pintu masuk. Masing-masing pintu yang berukuran besar ini dibuat dari kayu jati dan dihiasi dengan kuningan dan kaligrafi bernuansa Islam.

Mimbar Masjid terlihat sangat megah karena dibuat dari kayu jati yang di sampingnya terdapat kaligrafi dan diapit oleh dinding.

Dibangun di atas Lahan seluas 1,8 Hektare, Masjid ini dibangun dengan arsitektur yang memberikan kesan sangat mewah.

Jika dilihat dari luar, 4 (Empat) Struktur Bangunan utama Masjid meliputi Kubah dan 3 (tiga) Tiang yang ada di luar akan menampikan Lafaz Allah yang sangat indah. Ini yang menjadi daya tarik utama dari Masjid Agung Kabupaten Deli Serdang.

Guru MAN 2, Hendrik (47 tahun) menyebut dirinya bersama anak didiknya senang mendatangi Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basyarshah.

Baca juga Artikel ini  Polres Kotamobagu Gelar Police Goes To School

Saat di wawancarai wartawan, Sabtu (25/05/2024), Hendrik mengaku sangat kagum dengan kemegahan gedungnya yang sarat makna Budaya.

“Jadi selain fungsinya sebagai Sholat dan Ibadah, ada pemanfaatan lain yakni untuk Wisata religi. Wisata ke Masjid adalah upaya untuk meningkatkan Iman. Mendekat ke Masjid, di artikan sebagai jalan untuk meningkatkan ketakwaan. Kesannya luar biasa. Kami beserta anak-anak dari Sekolah MAN 2 Kabupaten Deli Serdang Belajar banyak tentang Masjid ini, juga Sholat di sini. Ini salah satu agar mendidik anak-anak untuk meningkatkan iman dan ketakwaan,” ungkapnya mengakhiri.(***)

Reporter : (Zulkarnain.Lubis)
Editor : (Chaidir Toweren)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang