BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPolri

Masyarakat Antusias Ikuti Ujian Praktik SIM C di Mako Sat Lantas Polres Tebing Tinggi

103
×

Masyarakat Antusias Ikuti Ujian Praktik SIM C di Mako Sat Lantas Polres Tebing Tinggi

Sebarkan artikel ini

Tebing Tinggi | 1kabar.com

Guna mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Golongan C, masyarakat antusias mengikuti Ujian Praktik SIM C tersebut dengan beberapa Materi Ujian yang harus dilalui di Lapangan Uji Praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) Satuan Lalu Lintas Polres Tebing Tinggi, Jalan Langsat, Kota Tebing Tinggi.

Kasat Lantas Polres Tebing Tinggi, AKP. Agnis Juwita, S.I.K., MM., M.Si melalui Kanit Regident Polres Tebing Tinggi, Iptu. T Samosir, Rabu (05/06/2024) mengatakan kegiatan Ujian Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dilaksanakan pemohon sesuai peraturan dan mekanisme yang ada.

“Masyarakat tidak dipersulit dan diberikan arahan oleh Petugas Uji di Lapangan Lintasan yang akan dilalui masyarakat sehingga bisa paham dan lulus dalam Ujian Praktik tersebut,” ujarnya, Rabu (05/06/2024).

Dari pantauan wartawan di lokasi, untuk Materi pada Lapangan Uji Praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) Golongan C kali ini, hanya terdapat trek lurus, pengereman, putar balik ataupun u-turn. Sementara untuk Ujian Trek angka 8 diganti menjadi huruf S sehingga lebih memudahkan masyarakat dan pada saat terakhir ada persimpangan yang diarahkan Petugas ke kiri ataupun ke kanan.

Salah seorang Petugas Penguji Praktik, Aipda. Edy Syahputra, Rabu (5/06/2024) menuturkan dari beberapa masyarakat yang mengikuti Uji Praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C ada yang cepat memahami dan ada juga masyarakat sampai dua atau tiga kali baru bisa lulus, apabila ada yang memang belum lancar atau belum bisa, pihaknya memberikan kesempatan kembali untuk mengulang.

“Sejauh ini masyarakat menyambut baik dengan adanya Uji Praktik yang harus dilalui dalam Prosedur Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), ada yang mengulang beberapa kali, namun setelah kita arahkan akhirnya bisa lulus,” sebutnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat Riki Andre (24 tahun) warga Jalan Yos Sudarso, Kota Tebing Tinggi mengatakan baru pertama kali mengikuti Ujian Praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C, hal ini menurutnya sangat bagus untuk masyarakat pemohon agar lebih memahami dan mengerti bagaimana nantinya bisa mahir menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

“Saya menyambut baik dengan adanya Ujian ini, meski harus dua kali mengulang Ujian tapi akhirnya Saya bisa lulus,” ucapnya.

Sebagai informasi, demi meningkatkan antusias masyarakat dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C, telah dilakukan Perubahan Trek Lapangan Ujian Praktik dalam Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan Keputusan Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kep Kakorlantas) Nomor : 105/VIII/2023 tanggal 4 Agustus 2023 tentang Perubahan Lapangan Uji Praktik SIM Golongan C.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang