BeritaBerita TerkiniDaerahKesehatanNasionalPemerintah

Pj Bupati Ir. Wiriya Alrahman, MM : Kabupaten Deli Serdang Tegaskan Komitmen Untuk Penaggulangan Stunting

99
×

Pj Bupati Ir. Wiriya Alrahman, MM : Kabupaten Deli Serdang Tegaskan Komitmen Untuk Penaggulangan Stunting

Sebarkan artikel ini

Deli Serdang | 1kabar.com

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menurunkan angka stunting secara Nasional, salah satu strateginya adalah melalui pelaksanaan sepuluh aksi stunting yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor : 72 Tahun 2021 Tentang percepatan penurunan stunting.

“kita berkeyakinan bahwa tahun-tahun sebelumnya sepuluh aksi ini telah dilakukan, mungkin dalam pelaksanaannya kegiatan yang telah dilakukan harus dievaluasi supaya lebih efisien, efektif dan tepat sasaran,” Kata Pj Bupati Deli Serdang pada kegiatan Sepuluh Aksi Intervensi Stunting di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Drs. H. Amri Tambunan, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (22/05/2024).

Selanjutnya, Bupati mengatakan Pemerintah selaku Tim percepatan penurunan stunting memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan, menyinergikan dan mengevaluasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting secara efektif, konvergen dan terintegrasi.

“Kita harus menegaskan komitmen ini untuk menanggulangi stunting dengan melaksanakan intervensi secara serentak. Langkah awal ini diharapkan dapat mempercepat upaya kita dalam menurunkan angka prevalensi stunting di Kabupaten Deli Serdang,” tegas Bupati.

Pj Bupati menjabarkan tentang poin penting agar aksi intervensi penurunan stunting dapat lebih optimal. Pertama, meminta agar kita terus melakukan kolaborasi dan sinergi kepada semua pihak untuk penanganan stunting.

“Karena kita memerlukan kerja sama yang baik antara Pemerintah, Sektor Swasta, masyarakat, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Kita harus memastikan bahwa seluruh program dan kegiatan yang kita lakukan saling mendukung dan terkoordinasi dengan baik,” kata Pj Bupati.

Kedua, lakukan peningkatan kapasitas, dengan memberikan penyuluhan dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang, sanitasi yang baik, dan pola hidup sehat yang harus terus ditingkatkan. Masyarakat harus Diberdayakan agar mereka dapat turut serta dalam upaya pencegahan stunting.

Ketiga, lakukan pemantauan dan evaluasi, kita harus memastikan bahwa semua intervensi yang dilakukan terpantau dengan baik dan dievaluasi secara berkala. Hal ini penting agar kita dapat mengukur keberhasilan program dan bisa melakukan rencana tindak lanjut untuk perbaikan.

Keempat, Pemerintah Daerah harus terus mendukung penyediaan sumber daya yang memadai, baik dari segi anggaran, tenaga ahli, maupun fasilitas kesehatan yang diperlukan untuk mendukung intervensi ini.
Bupati berharap, melalui acara ini, seluruh stakeholder dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian bersama akan pentingnya pencegahan stunting.

Mari kita jadikan 10 aksi stunting sebagai komitmen bersama dalam mewujudkan generasi Deli Serdang yang sehat, cerdas, berprestasi dan berdaya saing,” tutup Bupati

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian Mikronutrien untuk anak penderita stunting, Penyerahan Surat Keputusan (SK) Bupati Tentang Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) kepada tiga RSUD yaitu RSUD Drs H Amri Tambunan, RSUD Pancur Batu dan RSUD Bangun Purba serta penyerahan Mobil Puskesmas Keliling (Pusling) kepada lima Puskesmas yang ada di Deli Serdang.

Turut dihadiri Para Penjabat Pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang tergabung di dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting, Para Camat, Kepala Puskesmas, Tenaga Kesehatan, Narasumber dan lainnya.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang