Polri

Polres Tebing Tinggi Pengamanan Peringatan Haul Ke-127 Datuk Bandar Kajum

5
×

Polres Tebing Tinggi Pengamanan Peringatan Haul Ke-127 Datuk Bandar Kajum

Sebarkan artikel ini

Tebing Tinggi | 1kabar.com

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada Peringatan Hari Ulang Tahun (Haul) ke-127 Datuk Bandar Kajum, Pendiri Kota Tebing Tinggi, Polres Tebing Tinggi menurunkan Personelnya untuk melakukan pengamanan dilokasi kegiatan yang berlangsung di Komplek Pemakaman Keluarga Datuk Bandar Kajum Jalan Datuk Bandar Kajum, Kota Tebing Tinggi, Sabtu (08/06/2024), dengan mengusung tema, “Mempererat Ukhuwah dan Tali Persaudaraan, Untuk Menjaga dan Melestarikan Sejarah Tebing Tinggi.”

Mengawali sambutannya, Keluarga Generasi ke-5 Datuk Bandar Kajum H. Datuk Dhody Thahir, SE menyampaikan dalam Peringatan Haul atas wafatnya sang utusan Sultan Siak Pendiri Kota Tebing Tinggi yaitu Panglima Haji Abdul Karim gelar Datuk Bandar Kajum yang ke-127 Tahun 2024 izinkan kami selaku Generasi ke-5 Datuk Bandar Kajum mewakili seluruh keturunan mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Walikota beserta seluruh undangan sekalian yang telah berkenan hadir dalam acara ini.

“Peringatan Haul Ini adalah sebuah agenda Zuriat Datuk Bandar Kajum yang senantiasa akan terus dilaksanakan setiap tahunnya walau sempat terhenti beberapa waktu belakangan selain untuk mendapat berkah dari Allah SWT dengan mendoakan para leluhur yang telah berpulang dan sebagai momentum pemersatu masyarakat bersama seluruh unsur Pemerintah untuk bersama-sama bergandengan tangan membangun Kota Tebing Tinggi sebagai kota yang maju dan sejahtera,” paparnya.

Baca juga Artikel ini  Ketua Umum PW-FRN Berharap Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 Se-Jawa Timur Memperkuat Hubungan Polisi dan Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi, H. Kamlan Mursid, SH., MM menuturkan dalam kegiatan Haul wafatnya Datuk Bandar Kajum ke-127 adalah untuk mengenang sejarah beliau dapat menjaga kedaulatan dan menjunjung tinggi keadilan yang terbentang cukup jauh pada zaman dahulu hingga zaman sekarang.

“Datuk Bandar Kajum membangun sebuah pemukiman dan saat ini menjadi Komplek Pemakaman beliau yang kita hadir saat ini untuk memperingati Haul Datuk Bandar Kajum dan mengambil pelajaran Hikmah yang telah berperan selama ini di Kota Tebing Tinggi. Mari kita teladani sikap hidup beliau yang pemberani dan aktif untuk membangun Kota Tebing Tinggi ini dan dan memiliki jiwa korsa, semoga Allah SWT merahmati kita dan selalu dalam lindungan Nya. Amin yaa rabbal’alamin,” tuturnya.

Baca juga Artikel ini  DPD GRIB JAYA Provinsi Sumut Bersama Warga Kecamatan Kutalimbaru Deklarasi Anti Narkotika

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) diwakili Kepala Dinas PMD dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara (Sumut), H. Parlindungan Pane, SH., M.Si mengatakan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya yang saat ini terselenggara Haul Datuk Bandar kajum yang ke-127 di Kota Tebing Tinggi. Di tempat Datuk Bandar Kajum ini menelaah cikal bakal jadinya Kota Tebing Tinggi untuk mengingatkan kita kembali kepada sejarah dan salah satu Tokoh penting Kota Tebing Tinggi sekaligus diperjelas lagi identitas Kota Tebing Tinggi.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung mensukseskan acara ini dengan harapan semoga pelaksanaan ini menjadi ladang Ibadah dan mengapresiasi Datuk Bandar Kajum dalam memajukan Kota Tebing Tinggi yang kita cintai ini, semoga Allah SWT Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dalam upaya kita mensejahterakan Sumatera Utara khususnya Kota Tebing Tinggi,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) yang diwakili Kepala Dinas PMD dan Catatan Sipil Provinsi Sumatera Utara (Sumut), H. Parlindungan Pane, SH., M.Si dan Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi, H. Kamlan Mursyid, SH., MM Walikota Medan diwakili Asisten I Pemerintahan Kota Medan, Datuk 4 Suku Kesultanan Deli dari Medan yaitu Datuk Sunggal, Datuk Sepuluh Dua Kuta, Datuk Suka Piring, Datuk Senembah, Datuk dari Serdang Bedagai Datuk Khairul, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) Provinsi Sumut, Prof. OK Sahidin, Akademi Universitas Provinsi Sumatera Utara, Prof. Wan Syaifuddin, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi, Basyarudin Nasution, SH., MH, Kapolres Tebing Tinggi diwakili Kasat Intel, AKP. Suparmen, mewakili Kajari Kota Tebing Tinggi, Danramil 13 Tebing Tinggi, dan Subden Pom Tebing Tinggi, Danyon B Sat Brimob Tebing Tinggi, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi, Ketua Pengadilan Agama Tebing Tinggi, Kalapas Kelas II B Tebing Tinggi, Pimpinan Bank di Kota Tebing Tinggi, BUMN dan BUMD se Kota Tebing Tinggi, OPD Tebing Tinggi, Rumpun Zuriat Diraja Melayu Negeri Padang, Tokoh Lintas Agama, Ormas, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat sekota Tebing Tinggi.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang