Berita Terkini

Bhabinkamtibmas Polsek Malalayang Sukses Mediasi Kasus Laka Lantas, Kedua Pihak Sepakat Selesaikan Secara Kekeluargaan

28
×

Bhabinkamtibmas Polsek Malalayang Sukses Mediasi Kasus Laka Lantas, Kedua Pihak Sepakat Selesaikan Secara Kekeluargaan

Sebarkan artikel ini

 

MANADO, 1Kabar.com

Humas Polresta Manado– Bhabinkamtibmas Polsek Malalayang berhasil memediasi kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan dua kendaraan di kawasan Jalan Wolter Monginsidi, Malalayang. Melalui pendekatan humanis dan persuasif, kedua belah pihak yang terlibat sepakat untuk menyelesaikan masalah tersebut secara kekeluargaan tanpa perlu melanjutkan ke jalur hukum, Selasa (14/5/2024).

 

Peristiwa kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WITA, melibatkan sebuah sepeda motor dan mobil pribadi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun kerusakan materi cukup signifikan pada kedua kendaraan. Bhabinkamtibmas yang menerima laporan segera tiba di lokasi untuk melakukan penanganan awal dan memastikan situasi tetap kondusif.

 

Setelah mengumpulkan keterangan dari kedua belah pihak dan beberapa saksi di tempat kejadian, Bhabinkamtibmas mengajak kedua pihak untuk bermusyawarah di kantor Polsek Malalayang. Dalam proses mediasi yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut, suasana berjalan lancar dan penuh kekeluargaan. Kedua pihak menyadari bahwa kecelakaan ini adalah murni musibah dan tidak ada yang berniat buruk.

 

Kapolresta Manado Kombes Pol Julianto Sirait melalui Kasi Humas Ipda Agus Haryono, menyatakan apresiasinya terhadap langkah cepat dan tepat yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dalam menyelesaikan permasalahan ini. “Kami selalu mengedepankan pendekatan humanis dan mediasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat. Ini adalah contoh baik bagaimana musyawarah bisa menjadi solusi efektif,” ujarnya.

 

Sebagai bagian dari kesepakatan damai, kedua belah pihak sepakat untuk berbagi biaya perbaikan kendaraan yang rusak dan saling memaafkan. Dengan ini, diharapkan kedepannya masyarakat semakin percaya bahwa penyelesaian masalah secara kekeluargaan bisa menjadi jalan terbaik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

 

Kegiatan mediasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas ini menunjukkan bahwa pendekatan dialogis dan persuasif masih menjadi salah satu cara terbaik dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Polsek Malalayang berharap agar masyarakat dapat terus bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

Aba**

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang