BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPemerintahPendidikanPolriTNI

Kapolres Tebing Tinggi Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka

70
×

Kapolres Tebing Tinggi Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merdeka

Sebarkan artikel ini

Tebing Tinggi | 1kabar.com

Kapolres Tebing Tinggi, AKBP. Andreas LJ. Tampubolon, SIK., MKP menghadiri Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo, Kota Tebing Tinggi, Sabtu (01/06/2024). Kegiatan Upacara dipimpin Penjabat (Pj) Wali Kota Tebing Tinggi, Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si dengan diikuti peserta dari unsur ASN, Instansi Vertikal, TNI, Polri, Satpol PP, para Pelajar, OKP dan Ormas.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Tebing Tinggi bertindak sebagai Inspektur Upacara, untuk Perwira Upacara Kapolsek Padang Hulu, AKP. Marolop Samosir, Komandan Upacara Kanit Tipidter Sat Reskrim Polres Tebing Tinggi, Iptu. Fernando Ferestiwen Sitepu, SH., MH dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi, Basyaruddin Nasution, SH.

Dalam Pidatonya, Dr. Moettaqien Hasrimi, S.STP., M.Si menyampaikan bahwa setiap tanggal 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui Pidatonya pada Tahun 1945 di depan Sidang badan Penyelidik usaha-usaha persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan Suku, Agama, Budaya, dan Bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Dikatakannya lagi, patut kita syukuri sebagai sebuah Bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi Bintang yang memandu kehidupan Bangsa agar sesuai dengan cita-cita Pendirian Negara. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam Identitas Nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Saya mengajak komponen Bangsa di manapun berada untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi Ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah Darah Indonesia,” paparnya.

Perkembangan situasi Global yang ditandai kemajuan Teknologi Komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia, Pancasila diharapkan menjadi Filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan, pesatnya kemajuan Teknologi Informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan Teknologi dan Ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses Informasi melalui beragam Media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai- nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen Bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-Z sebagai pelaku utama Pembangunan Bangsa.Dengan semangat Pancasila yang kuat, Saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia akan dapat diatasi, terlebih di tengah krisis Global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga Stabilitas Ekonomi, Sosial, dan Politik,” sambungnya.

Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa Bangsa Indonesia telah terbukti menjadi Bangsa yang Dewasa, Dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kami mengajak seluruh komponen Bangsa untuk bersama- sama bergotong royong merawat Anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutup Pj Wali Kota Tebing Tinggi.

Terlihat hadir di Upacara tersebut, Dandim 0204/DS diwakili Danramil 15/Sipispis, Kapten Inf. P.M Simanjuntak, Kapolres Tebing Tinggi, AKBP. Andreas. L. J. Tampubolon, SIK., MKP, Kajari Kota Tebing Tinggi diwakili oleh Kasi Datun Juanda, SH, Ketua PN Kota Tebing Tinggi diwakili Kaportala PN Tebing Tinggi Thamrin Tarigan, Ketua PA Kota Tebing Tinggi Ridwan Harahap, SH, MH, Kalapas Kelas II B Tebing Tinggi Anton Setiawan, A.Md.I.P., SH., M.Hum, Kepala BNN Tebing Tinggi Kompol Hendro Wibowo, S.I.P., MM., M.Si, Danyon B Sat Brimob Polda Sumut Kompol Haryono serta Dan Subdenpom Kota Tebing Tinggi Kapten Cpm. Nurdin Nasution.(Redaksi/Zulkarnain.Lubis)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang