Scroll untuk baca artikel
BeritaDaerah

Karcher Membersihkan Monumen Bajra Sandhi Akan dilakukan secara berkelanjutan

23
×

Karcher Membersihkan Monumen Bajra Sandhi Akan dilakukan secara berkelanjutan

Sebarkan artikel ini

Karcher Membersihkan Monumen Bajra Sandhi Akan dilakukan secara berkelanjutan

BALI | 1KABAR.COM

Bali– Terletak di negara dengan iklim tropis monsoon, kelembaban tinggi dan curah hujan yang sering, menjadikan material monumen Bajra Sandhi menjadi media bagi pembiakan (Proliferasi) alga, lumut, jamur, lumut kerak, dan bakteri. Selain itu, fasad monumen yang rompal memungkinkan bibit tanaman untuk berakar melalui sambungan dan retakan di permukaannya. Jika tidak dihilangkan dan dibersihkan, pertumbuhan organisme hidup dengan akarnya dapat menyebabkan kerusakan pada substansi batunya.

Kärcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan terkemuka di dunia, saat ini membersihkan Monumen Bajra Sandhi tanpa biaya, sebuah lambang bersejarah ikonik yang terletak di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar, Bali. Inisiatif ini adalah bagian dari International Cultural Sponsoring Programme milik Kärcher yang dijadwalkan berlangsung dari 12 hingga 26 Juni 2024. Inisiatif pembersihan ini menunjukkan komitmen Kärcher untuk melestarikan monumen yang memiliki nilai sejarah atau budaya yang tinggi.

Untuk melestarikan peninggalan bersejarah yang berharga ini, Kärcher Indonesia dan para ahli pembersih berpengalaman dari Jerman bekerja sama dengan pengelola Bajra Sandhi akan menggunakan alat model uap tanpa tekanan dari pembersih bertekanan tinggi dengan air panas super-class untuk menghilangkan kotoran yang disebabkan oleh pertumbuhan organisme hidup yang ada di permukaan bangunan.

Klaus Puhmeyer, Regional President of Kärcher ASEAN region, Korea & Taiwan menyatakan bahwa Bajra Sandhi dipilih karena sejarahnya yang penting serta bahan batu lava Bali yang unik dan tradisional. Bajra Sandhi juga berfungsi sebagai ruang edukasi dan seni yang menjadi daya tarik pengunjung dari seluruh dunia.

“Mendukung pelestarian monumen ini untuk generasi mendatang membutuhkan pengetahuan dan alat yang tepat. Mengingat ukuran monumen, kami tidak akan mampu membersihkan seluruh bangunan. Namun, kami akan mendirikan fondasi dan memberikan pelatihan untuk pengelola monumen guna memastikan pelestariannya di masa depan,”kata Klau, rabu (19/6/2024).

Menggunakan Pembersih Tekanan Tinggi HDS 13/20-4S Super Class buatan Jerman dalam mode uap. Mode uap ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan pertumbuhan organisme hidup dan pencemaran lain yang berdampak buruk yang dapat merusak permukaan batu seiring waktu.

Berbeda dengan pembersihan bertekanan tinggi, pembersihan uap hampir sepenuhnya menghilangkan komponen tekanan. Hanya 0,5 hingga 1 bar yang diterapkan pada permukaan batu. Efek pembersihan dengan suhu sekitar 95°C pada permukaan batu terutama dicapai melalui faktor suhu.

Ini adalah salah satu teknik paling lembut untuk membersihkan dan melestarikan bahan bangunan mineral dan sering digunakan untuk menghilangkan pertumbuhan organisme hidup pada batu alam. Spora yang tertanam sangat dalam juga diminimalkan oleh uap panas, yang menunda kembalinya pertumbuhan.

Proyek ini menandai inisiatif pembersihan kedua Kärcher di Indonesia; yang pertama adalah pembersihan Monumen Nasional (Monas) di Jakarta pada tahun 2014, seperti yang dijelaskan oleh Mateus Bernath, Managing Director Kärcher Indonesia. Tim Kärcher yang terlibat dalam pembersihan Monumen Bajra Sandhi terdiri dari lima anggota, termasuk satu spesialis dari Jerman.

Monumen Bajra Sandhi, yang menyerupai lonceng yang digunakan oleh pendeta Hindu (Bajra), memiliki eksterior yang kaya dengan detail ornamen Bali, mencerminkan ajaran filosofis Hindu dan melambangkan nasionalisme dengan 17 gerbang utama, 8 pilar, dan total tinggi 45 meter, mewakili Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. Dirancang oleh arsitek Ir. Ida Bagus Gede Yadnya pada tahun 1981, monumen ini mencerminkan makna budaya yang mendalam.

Sementara itu. Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha – Kepala Dinas Kebudayaan Bali menghargai upaya Kärcher untuk membantu melestarikan salah satu monumen penting diBali
“Bajra Sandhi adalah monumen yang ingin kami lestarikan sebagai bagian dari warisan budaya kami” tutup kadisbud bali (van)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang