BeritaBerita TerkiniDaerahNasionalPemerintahPendidikanPeristiwaPerusahaanPolri

Unjuk Rasa Ricuh, Puluhan Aksi Massa DPD SAPMA IPK Kabupaten Deli Serdang Gelar Unjuk Rasa Didepan Kantor Bupati Deli Serdang Tuntut Tutup Club/Diskotik Hotel Deli Indah

179
×

Unjuk Rasa Ricuh, Puluhan Aksi Massa DPD SAPMA IPK Kabupaten Deli Serdang Gelar Unjuk Rasa Didepan Kantor Bupati Deli Serdang Tuntut Tutup Club/Diskotik Hotel Deli Indah

Sebarkan artikel ini

Deli Serdang | 1kabar.com

Puluhan aksi massa Satuan Pelajar Mahasiswa (SAPMA) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Deli Serdang melakukan gelar unjuk rasa di depan Kantor Bupati Deli Serdang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Senin (27/05/2024) berlangsung ricuh.

Awal kericuhan yang diduga setelah aksi massa berorasi tidak ada satu pun Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang yang menerimanya. Sehingga aksi massa hendak membakar ban dan mendobrak pintu pagar Kantor Bupati Deli Serdang akibat kesal tidak diterima Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang.

Melihat situasi aksi massa yang membakar ban dan mendobrak pintu, Satpol PP Kabupaten Deli Serdang bereaksi dan mendekati aksi massa. Begitu ditanya Satpol mengenai KTP masing-masing, aksi massa pun mulai mundur dan satu persatu berlarian.

Karena curiga aksi massa yang aksi massa bukan warga Kabupaten Deli Serdang selanjutnya Satpol PP pun melakukan pengejaran sampai ke area belakang Museum dan Kolam Renang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Deli Serdang. Dari puluhan orang yang berlari saat itu ada 7 orang yang berhasil diamankan.

Setelah diamankan oleh Satpol PP, satu persatu mereka pun didata. Mereka tampak lembek ketika didata sambil disuruh duduk mereka pun dimintai satu persatu alamatnya. Beberapa di antaranya ada yang masih di bawah umur dan tinggal di Kabupaten Serdang Bedagai.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Satuan Pelajar Mahasiswa (SAPMA) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Deli Serdang, Devin Hutabarat tampak membela Anggotanya saat itu. Ia pun sempat berdialog singkat dengan Kasatpol PP Kabupaten Deli Serdang, Marjuki. Setelah Anggotanya didata ia pun meminta agar semuanya bisa kembali ketempat semula melakukan aksinya.

“Kita sudah satu jam di sini aksi tidak ada yang menemui. Kan biasa gitu (dorong-dorong pintu gerbang kalau demo). Karena tidak ada yang menemui kita lah tadi, makanya seperti itu (bakar ban). Kita kecewa Bang tidak ada yang menemui,” kata Devin Hutabarat, Senin (27/05/2024).

Aksi massa Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Satuan Pelajar Mahasiswa (SAPMA) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Deli Serdang dalam orasinya ketika itu meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang supaya menutup Club/Diskotek Hotel Deli Indah di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Desa Suka Mandi Hulu, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang. Sebab mereka menduga adanya penjualan Narkoba yang dapat merusak generasi muda. Dugaan mereka juga Bangunan dan Operasional Club tersebut tidak memiliki izin.

Sementara pemilik Club/Diskotek Hotel Deli Indah, Hendry Dumanter Tampubolon yang juga Anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang menyayangkan aksi massa DPD SAPMA IPK Kabupaten Deli Serdang tersebut. Disebut untuk menilai itu sah-sah saja namun hendaknya dapat dibuktikan dengan data yang akurat.

“Ya kita sayangkan DPD SAPMA IPK Kabupaten Deli Serdang aksi massa demikian. Kalau menduga (peredaran narkoba) ya itu kan tuduhan mereka saja, bisa dibuktikan mereka rupanya. Soal izin Operasional Club dituduhkan mereka saja ya silahkan, tapi Saya Anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang di Komisi III yang membidangi perizinan, jadi tidak mungkin tak lengkap izinnya,” terang Hendry Dumanter Tampubolon saat dihubungi melalui lewat WhatsAppnya.(***)

Reporter : (Zulkarnain.Lubis)
Editor : (Chaidir Toweren)

Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan DMTV Malang